Sunday, March 22, 2015

Keberagaman Agama, Kepercayaan dan Ras di Indonesia

Keberagaman Agama dan Kepercayaan di Indonesia


Keberagaman ini antara lain dipengaruhi oleh letak geogarfis di jalur perdagangan internasional. Dukungan kekayaan alam yang melimpah dan diperlukan oleh bangsa lain, maka para pedagang asing datang ke Indonesia. Selain melakukan kegiatan berdagang, mereka juga menyebarkan ajaran agama dan kepercayaan yang mereka yakini. Agama Hindu dan Budha masuk dibawa oleh bangsa India yang sudah lama berdagang dengan Indonesia, lalu menyusul para pedagang Gurajat menyebarkn ajaran Islam. Kedatangan bangsa Eropa membawa ajaran agama Kristen dan Katolik, sedangkan pedagang dari Cina menganut agama Kong Hu Chu. Berbagai ajaran agama diterima oleh bangsa Indonesia sebab sebelumnya masyarakat sudah mengenal kepercayaan seperti animisme dan dinamisme. Juga sifat keterbukaan masyarakat Indonesia menerima budaya lain.

Aktivitas Siswa berkaitan dengan Keberagaman Agama dan Kepercayaan di Indonesia

  1. Lakukan pengamatan keberagaman agama dan kepercayaan di sekitar kalian, seperti di sekolah, keluraha/desa/kampung, atau kabupaten/kota.
  2. Carilah informasi mengenai agama dan kepercayaan itu dari berbagai sumber bacaan, pengamatan, dan wawancara dengan tokoh masyarakat/ adat. Uraian ciri-ciri agama dan kepercayaan itu, seperti upacara keagamaan, pakaian, kesenian, dan sebagainya.
  3. Buatlah kesimpulan mengenai keberagaman agama masyarakat di sekitar kalian.
  4. Susun laporan hasil pengamatan dan telaah dalam bentuk displai atau yang lain.
  5. Sajikan laporan dalam pameran kelas atau di depan kelas.
Keberagaman Agama, Kepercayaan dan Ras di Indonesia

Keberagaman Ras di Indonesia


Keberagaman Ras Beberapa pakar mempunyai pendapat berbeda tentang pengertian ras, namun biasanya ras dapat diartikan sebagai sekelompok besar manusia yang mempunyai ciri-ciri fisik yang sama. Manusia yang satu mempunyai perbedaan ras dengan manusia laian sebab adanya perbedaan ciri- ciri fisik, seperti warna kulit, warna dan bentuk rambut, bentuk muka, ukuran badan, bentuk badan, bentuk dan warna mata, dan ciri fisik yang lain. Masyarakat Indonesia mempunyai keberagaman ras, disebabkan oleh kehadiran bangsa asing ke wilayah Indonesia, sejarah penyebaran ras di dunia, letak dan kondisi geografis wilayah Indonesia. Beberapa ras yang ada dalam masyarakat Indonesia antara lain ras Malayan-Mongoloid yang ada di Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan, dan Sulawesi. Kedua ras Melanesoid yang mendiami daerah Papua, Maluku, dan Nusa Tenggara Timur. Ketiga ras Asiatic Mongoloid seperti orang Tionghoa, Jepang, dan Korea. Ras ini tinggal menyebar di seluruh Indonesia, namun terkadang mendiami daerah tertentu. Terakhir adalah ras Kaukasoid yaitu orang India, Timur Tengah, Australia, Eropa, dan Amerika.

Aktivitas Siswa berkaitan dengan Keberagaman Ras di Indonesia
  1. Lakukan pengamatan keberagaman ras di sekitar kalian, seperti di sekolah, kelurahan/desa/kampung, atau kabupaten/kota.
  2. Carilah informasi mengenai ras itu dari berbagai sumber bacaan dan pengamatan. Uraian ciri-ciri fisik ras itu, seperti warna dan bentuk mata, waran kulit, tinggi badan, dan sebagainya.
  3. Buatlah kesimpulan mengenai keberagaman ras masyarakat di sekitar kalian.
  4. Susun laporan hasil pengamatan dan telaah dalam bentuk displai atau yang lain.
  5. Sajikan laporan dalam pameran kelas atau di depan kelas.


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...