Sunday, March 22, 2015

Keberagaman Gender Masyarakat Indonesia


Masyarakat Indonesia terdiri atas jenis kelamin laki-laki dan perempuan. Berdasarkan sensus penduduk Tahun 2010, jumlah penduduk laki-laki sebanyak 119.630.913 dan perempuan sebanyak 118.010413 Jumlah penduduk ini dari tahun ke tahun semakin meningkat, sehingga diprediksi penduduk Indonesia akan bertambah pesat pada tahun-tahun selanjutnya, hal ini disebabkan oleh perumbuhan penduduk Indonesia setiap tahun sekitar 1.49%. Suatu jumlah yang besar dan dapat menimbulkan persoalan di lalu hari. Oleh sebab itu perlu upaya untuk mengurangi pertumbuhan penduduk Indonesia. Ayo apa yang dapat dilakukan kalian untuk memperlambat pertumbuhan penduduk Indonesia?

Sering kali kita menjumpai seseorang memperlakukan orang lain secara berbeda sebab perbedaan jenis kelamin. Misalkan saat tugas piket kelas, maka anak laki-laki mengangkat meja dan perempuan menyapu. Kemudian yang menjadi sekretaris dan bendahara kelas adalah anak perempuan. Keadaan inilah yang dinamakan gender, yang dapat diartikan sebagai perilaku atau sikap yang disebabkan perbedaan jenis kelamin. Perilaku dan sikap ini bukan sebab jenis kelamin seseorang sehingga ia menjadi ketua kelas. Namun disebabkan oleh pandangan atau pendapat dalam masyarakat yang memberikan tugas-tugas tertentu berdasar jenis kelamin.

Keberagaman Gender Masyarakat Indonesia

Oleh sebab hanya pandangan atau pendapat masyarakat, maka mengakibatkan perbedaan gender antarmasyarakat. Coba kalian perhatikan dalam suku bangsa di Indonesia ada yang mengikuti garis keturunan ibu atau bapak. Seperti dalam masyarakat tertentu, nama marga mengikuti marga ayah, sebab mengikuti garis keturunan laki-laki (patrilineal). Sedangkan masyarakat yang lain lebih mengedepankan anak perempuan dari pada laki-laki dalam kedudukan di keluarga.

Aktivitas berkaitan dengan Keberagaman Gender

Lakukan pengamatan perbedaan gender di sekitar kalian, seperti di sekolah, keluraha/desa/kampung, atau kabupaten/kota. Carilah informasi mengenai perbedaan gender itu itu dari berbagai sumber bacaan dan pengamatan. Uraian ciri-ciri perbedaan gender itu, seperti hak dan kewajiban, kedudukan, pembagian harta waris, pemberian nama marga, dan sebagainya. Buatlah kesimpulan mengenai keberagaman gender masyarakat di sekitar kalian. Susun laporan hasil pengamatan dan telaah dalam bentuk displai atau yang lain. Sajikan laporan dalam pameran kelas atau di depan kelas.

1 comment:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...