Saturday, January 17, 2015

Perilaku Sesuai Norma dalam Komunitas Teman Sebaya

Perilaku Sesuai Norma dalam Komunitas Teman Sebaya harus kita fahami dan kita laksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Perhatikan lingkungan di sekitarmu, baik di sekolah maupun dalam masyarakat. Kamu akan menemui orang-orang seusiamu. Apabila orang-orang yang seusiamu membentuk kelompok, kelompok tersebut dapat disebut komunitas teman sebaya.

Siapakah yang dimaksud komunitas teman sebaya ?
Pengertian komunitas teman sebaya menurut seorang pakar psikologi bernama J.P. Chaplin,  adalah sesama, baik secara sah maupun secara psikologis yang merupakan kawan seusia. Menurut Kamus Besar.Bahasa Indonesia, komunitas adalah kelompok organisme (orang dan sebagainya) yang hidup dan saling berinteraksi di dalam daerah tertentu, masyarakat, dan paguyuban. Menurut Umar Tirtarahardja dan La Sulo, para pakar pendidikan, kelompok sebaya adalah suatu kelompok yang terdiri atas orang-orang yang bersamaan usianya, antara lain kelompok bermain pada masa kanak-kanak dan kelompok yang hanya beranggotakan anak-anak sejenis kelamin.

Menurut Abu Ahmadi (ahli psikologi), ada sejumlah unsur pokok dalam pengertian komunitas teman sebaya. Unsur-unsur yang dimaksud sebagai berikut.

  1. Kelompok sebaya, yaitu kelompok primer yang hubungan antaranggotanya intim.
  2. Anggota kelompok sebayaterdiri atas sejumlah individu yang mempunyai persamaan usia, status, atau posisi sosial.
  3. Istilah kelompok sebaya dapat menunjukkan kelompok anak-anak, kelompok remaja, dan kelompok orang dewasa.
Dari berbagai pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa komunitas teman sebaya adalah kelompok yang anggotanya terdiri atas anak-anak dengan umur dan minat yang relatif sama serta memiliki aturan yang dibuat secara bersama-sama.

Ada banyak bentuk komunitas teman sebaya yang dapat kamu jumpai dan ikuti di lingkungan sekolah dan masyarakat. Bentuk komunitas teman sebaya di lingkungan sekolah di antaranya kegiatan pramuka dan OSIS. Pramuka merupakan kegiatan ekstrakurikuler di lingkungan sekolah. Kamu tentunya sudah menjadi anggota pramuka. Kelompok pramuka usia sebayamu, yaitu usia 11-15 tahun disebut kelompok penggalang. Dalam kegiatan pramuka perilaku sesuai dengan norma dalam berinteraksi dengan komunitas teman sebaya dapat ditunjukkan dengan mematuhi tata tertib dan kumpulan norma yang terangkum dalam Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka.

Perilaku Sesuai Norma dalam Komunitas Teman Sebaya
Dalam kegiatan keprarnukaan, kamu akan dibagi ke dalam regu-regu. Setiap regu dituntut untuk membangun kekompakan dan kerja sama yang solid agar menjadi regu yang unggul. Regu yang kompak dan solid hanya dapat terbentuk apabila tiap-tiap anggota mematuhi norma atau aturan yang diterapkan dalam kegiatan kepramukaan. Selain itu, tiap-tiap kelompok harus menjalin interaksi yang baik antaranggota.

Dengan demikian, tugas yang diemban setiap kelompok dapat diselesaikan dengan baik. Kerja sama dan kekompakan sangat diperlukan dalam kegiatan kepramukaan, misalnya dalam pendirian tenda. Jika tidak terjalln kerja sama yang baik antarkelompok, tenda tidak akan bisa didirikan. Oleh karena itu, tiap-tiap kelompok hanis betpenlaku sesuai norma yang ada serta menjalin interaksi yang baik dengan anggota kelompoknya.

Aktivitas kepramukaan penting untuk kamu ikuti karena dalam kegiatan kepramukaan, kamu akan diajari cara bersosialisasi dalam masyarakat dan lingkungan sebayamu. Selain itu, kamu akan diajari kemandirian dan berbagai keterampilan. Melalui kegiatan pramuka, diharapkan kamu bisa berinteraksi dengan teman sebayamu secara balk, menghargai teman, tolong-menolong, hidup mandiri, dan disiplin. Kegiatan kepramukaan merupakan wujud pelaksanaan norma yang hidup dalam masyarakat.

Selain kegiatan kepramukaan, komunitasteman sebaya yang dapat kamu ikuti di sekolah adalah OSIS. OSIS kependekan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah, yaitu suatu organisasi di tingkat sekolah yang dimulai dari sekolah menengah. OSIS dikelola oleh siswa yang terpilih untuk menjadi pengurus OSIS. Biasanya organisasi ini memiliki seorang pembimbing, yaitu guru yang dipillh oleh plhak sekolah. Adapun anggota OSIS seluruh siswa di sekolah. Bagaimanakah bentuk perilaku sesuai norma yang dapat kamu tunjukkan dalam berinteraksi dengan teman sebaya dalam OSIS?

Kamu sebagai pelajar secara tidak langsung menjadi anggota OSIS. Setiap anggota OSIS mempunyai kewajiban yang harus dipatuhi. Oleh karena itu, kamu bisa menunjuk-kan perilaku sesuai norma dalam berinteraksi dengan teman sebaya dalam OSIS dengan mematuhi kewajiban seperti berikut.

  1. Memelihara nama baik dan kehormatan sekolah.
  2. Mematuhi peraturan dan tata tertib sekolah.
  3. Menghormati tenaga kependidikan.
  4. Memelihara sarana dan prasarana serta keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, dan kekeluargaan di sekolah.


Selain kepramukaan dan OSIS, masih banyak komunitas teman sebaya yang dapat kamu ikuti di sekolah. Komunitas teman sebaya tersebut biasanya berbentuk unit kegiatan siswa seperti kelompok teater, paduan suara, dan karya ilmiah remaja. Tentunya kamu dapat menyebutkan komunitas lain yang kamu jumpai di sekolahmu, bukan? Demikian contoh komunitas teman sebaya yang dapat kamu jumpaidan kamu ikutl di lingkungan sekolah.

Seperti halnya di sekolah, di lingkungan masyarakat juga terdapat komunitas kelompok sebaya yang dapat kamu ikuti, di antaranya komunitas yang dibentuk oleh warga masyarakat dan komunitas yang dibentuk berdasarkan hobi yang sama. Komunitas yang dibentuk oleh masyarakat biasanya bersitat resmi seperti karang taruna dan organisasi lainnya. Adapun komunitas yang dibentuk berdasarkan hobi biasanya lebih fleksibel, misalnya kelompok pencinta sepede bagi orang yang hobi bersepeda, kelompok pencinta sastra bagi pencinta sastra, dan kelompok-kelompok lain yang dibentuk berdasarkan hobi. Bahkan, kamu dapat membentuk komunItas sendiri sesuai dengan hobi yang kamu gemari.

Komunitas kreatif merupakan wadah bagi penyaluran ide-ide kreatlf para remaja. Kamu dapat menyalurkan bakat dan ide-ide kreatifmu dalam komunitas yang kamu ikuti. Selain itu, melalui komunitasmu kamu dapat mengikuti berbagai perlombaan dan acara-acara kreatif lainnya. Dengan demikian, kamu akan memperoleh berbagai pengalaman dan berbagai keuntungan, baik berupa ilmu maupun finansial.

1 comment:

  1. Time to upgrade my Minecraft to premium http://freeminecraftgiftcode.net :D

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...